Selasa, 14 Januari 2014

PENGERTIAN MOBIL



Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak))


Sejarah[sunting | sunting sumber]



Replika Benz Motorwagen 1886.

Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.

Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

Kepopuleran[sunting | sunting sumber]



Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Perancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.

Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal

Inovasi[sunting | sunting sumber]



Mobil "Velo" Karl Benz (1894).

Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.

Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benzpada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.

Pada 5 November 1895George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada1910-an.

Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.

Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.

Ford Model T adalah salah satu mobil pertama yang harganya terjangkau konsumen (1927).

Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya,pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).

Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.

MOBIL-MOBIL SPORT KLASIK

Sekarang ini kita sudah mengenal mobil balap/sport yang bagus dan elegan pada jaman sekarang, tetapi pada waktu dulu banyak pula mobil-mobil sport yang sangat diunggulkan dikelasnya, dan menjuarai berbagai lomba didunia saat itu, dan berikut daftar mobil sport klasik yang melegenda dari seluruh dunia:






The Jaguar E-Type (alias Jaguar XK-E)                  adalah sebuah mobil sport Inggris, yang diproduksi oleh Jaguar Cars Ltd antara 1961 dan 1974. Kombinasi dari penampilan yang baik, kinerja tinggi dan harga yang kompetitif didirikan marque sebagai ikon otomotif tahun 1960-an. Lebih dari 70.000 E-Jenis terjual. 


      Pada bulan Maret 2008, Jaguar E-Type peringkat pertama dalam daftar online The Daily Telegraph "100 mobil yang paling indah" di dunia sepanjang masa.  
Pada tahun 2004, majalah Sports Car International menempatkan E-Type di nomor satu di daftar mereka Top Sports Cars dari tahun 1960-an.
   The E - Type pada awalnya dirancang dan ditampilkan ke publik sebagai penggerak roda belakang besar tourer dalam bentuk coupé dua - seater ( FHC atau Fixed Kepala Coupé ) dan sebagai dua - seater convertible ( OTS atau Open Two Seater ) . A " 2 +2 " versi four- seater dari coupé , dengan wheelbase diperpanjang , dirilis beberapa tahun kemudian .
Pada rilis Enzo Ferrari menyebutnya " mobil paling indah yang pernah dibuat " .
Model update selanjutnya dari E -Type secara resmi ditunjuk " Seri 2 " dan " Seri 3 " , dan dari waktu ke waktu mobil sebelumnya telah datang untuk disebut sebagai " Seri 1 " dan " Seri 1 ½ " .
Dari " Series 1 " mobil , Jaguar diproduksi beberapa varian edisi terbatas , terinspirasi oleh balap motor :
The " ' Ringan ' E -Type " yang tampaknya dimaksudkan sebagai semacam tindak lanjut ke D -Type . Jaguar berencana untuk memproduksi 18 unit tetapi pada akhirnya hanya selusin dilaporkan dibangun . Dari mereka , dua telah dikonversi ke bentuk Low- Drag dan dua lainnya diketahui telah rusak dan dianggap tidak bisa diperbaiki , meskipun satu sekarang telah dibangun kembali . Ini sangat langka dan dicari oleh kolektor .
The " Low Drag Coupé " adalah latihan teknis satu - off yang akhirnya dijual kepada pembalap Jaguar . Hal ini saat ini diyakini menjadi bagian dari koleksi pribadi dari arus Viscount Cowdray .
The New York City Museum of Modern Art mengakui pentingnya desain E -Type tahun 1996 dengan menambahkan roadster biru untuk koleksi desain tetapnya , salah satu dari hanya enam mobil untuk menerima perbedaan . 


2. Ford GT LM race Car MK IV
   The Ford GT40 adalah mobil balap performa tinggi daya tahan Amerika - Inggris , dibangun dan dirancang di Inggris ( Mk I , Mk II , dan III Mk ) dan di Amerika Serikat ( Mk IV ) masing-masing , dan didukung oleh serangkaian Amerika - built mesin , yang memenangkan 24 Hours of Le Mans empat kali berturut-turut , 1966-1969 (1966 menjadi Mk II , 1967 Mk IV , dan 1968-1969 desain chassis tertua, Mk I) . Pada tahun 1966 , pada kehadiran Henry Ford II sendiri di Le Mans , Mk II GT40 tersedia Ford dengan pertama keseluruhan kemenangan Le Mans untuk produsen Amerika [ 3 ] [ 4 ] dan kemenangan pertama bagi produsen Amerika di Eropa utama lomba sejak kemenangan Jimmy Murphy dengan Duesenberg di 1921 Grand Prix Prancis . The Mk IV GT40 , yang memenangkan balapan di tahun 1967 , tetap , sampai hari ini , satu-satunya mobil yang dirancang dan dibangun sepenuhnya di Amerika Serikat untuk mengklaim kemenangan secara keseluruhan di Le Mans . [ 5 ]
Selain empat berturut-turut secara keseluruhan kemenangan Le Mans , Ford juga memenangkan empat gelar internasional FIA berikut ( pada apa yang kemudian secara tidak resmi dikenal sebagai Sportscar World Championship ) dengan GT40 tersebut :
1966 Produsen International Championship - Lebih dari 2000cc
1966 International Championship for Sports Cars - Divisi III ( Lebih dari 2000cc )
1967 International Championship for Sports Cars - Divisi III ( Lebih dari 2000cc )
1968 International Championship untuk Makes
GT40 ini awalnya diproduksi untuk menang jarak jauh balapan mobil sport terhadap Ferrari ( yang menang di Le Mans enam kali berturut-turut 1960-1965 ) . Chassis # P - 1075, yang memenangkan tahun 1968 dan 1969 , adalah mobil pertama dalam sejarah Le Mans untuk memenangkan perlombaan lebih dari sekali dengan chassis yang sama , menggunakan mesin Ford awalnya kapasitas perpindahan 4,7 liter , diperbesar menjadi 4,9 liter ( juga dikenal sebagai 5.0) dengan paduan khusus Gurney - Weslake kepala silinder .
Mobil bernama GT ( untuk Grand Touring ) dengan 40 mewakili ketinggian keseluruhan dari 40 inci ( 1,02 m , diukur pada kaca depan ) seperti yang disyaratkan oleh aturan . Perpindahan besar mesin Ford V8 ( 4.2 liter , 4.7 liter dan 7 liter ) yang digunakan , dibandingkan dengan V12 Ferrari yang mengungsi 3,0 liter atau 4,0 liter .
Mobil awal yang hanya bernama " Ford GT " . Nama " GT40 " adalah nama proyek Ford untuk mempersiapkan mobil untuk sirkuit balap ketahanan internasional , dan upaya untuk memenangkan 24 Hours of Le Mans . Yang pertama 12 " prototipe " kendaraan yang dilakukan nomor seri GT - 101 GT - 112 melalui . The " produksi " dimulai dan mobil berikutnya, MKI , MkII , dan MkIIIs , ( dengan pengecualian dari MkIV , yang diberi nomor J1 - J10 ) diberi nomor GT40P/1000 melalui GT40P/1145 , secara resmi " GT40s " . Nama proyek Ford , dan nomor seri menghilangkan cerita yang " GT40 " adalah " hanya nama panggilan . "
Kontemporer Ford GT adalah penghormatan modern untuk GT40 tersebut .


3. AC Shelby Cobra
   AC Cobra, dijual sebagai Ford / Shelby AC Cobra di Amerika Serikat dan sering dikenal bahasa sehari-hari sebagai Shelby Cobra di negara itu, adalah sebuah mobil sport Inggris Amerika bermesin diproduksi sebentar-sebentar sejak tahun 1962.
    Seperti banyak produsen spesialis Inggris , AC Mobil telah menggunakan Bristol lurus - 6 mesin di -volume produksi yang kecil , termasuk unit AC Ace dua - seater roadster . Ini memiliki tubuh tangan-dibangun dengan bingkai tabung baja , dan panel bodi aluminium yang dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris mesin pemurah . Mesin adalah desain pra- Perang Dunia II dari BMW yang oleh 1960-an dianggap tanggal . Bristol memutuskan pada tahun 1961 untuk menghentikan produksi mesin dan bukan untuk menggunakan Chrysler 331 cu in ( 5,4 L ) mesin V8 . AC mulai menggunakan 2,6 liter mesin Ford Zephyr dalam mobil tersebut. Pada bulan September 1961, desainer otomotif Amerika Carroll Shelby airmailed AC surat meminta mereka jika mereka akan membangun dirinya sebuah mobil dimodifikasi untuk menerima mesin V8 . AC setuju , asalkan mesin yang cocok dapat ditemukan . Shelby pergi ke Chevrolet untuk melihat apakah mereka akan memberikan dia dengan mesin , tetapi tidak ingin menambah persaingan dengan Corvette mereka mengatakan tidak. Namun, Ford menginginkan mobil yang bisa bersaing dengan Corvette dan mereka terjadi untuk memiliki mesin merek baru yang dapat digunakan dalam usaha ini : Ford 260 di ³ Hipo ( 4,2 L ) mesin - ringan , tipis - tembok baru cor kecil - blok V8 disetel untuk kinerja tinggi . Ford Shelby tersedia dengan dua mesin . Pada Januari 1962 mekanik di AC Mobil di Thames Ditton , Surrey dipasang prototipe chassis CSX0001 dengan 260 ci Ford V8 dipinjam dari Ford di Inggris, 221 ci tidak pernah dikirim . Namun, gambar teknik awal yang berjudul " AC Ace 3,6 " . Setelah pengujian dan modifikasi , mesin dan transmisi telah dihapus dan sasis adalah udara - freighted ke Shelby di Los Angeles pada tanggal 2 Februari 1962. [ 4 ] Timnya dilengkapi dengan mesin dan transmisi dalam waktu kurang dari delapan jam di toko Dean bulan di Santa Fe Springs , California , dan mulai jalan - pengujian . 


4. Mercedez Benz SL 300 "Gulwig"
   The Mercedes - Benz 300SL adalah iterasi pertama dari SL -Class convertible besar tourer dan mobil produksi tercepat hari nya . Secara internal bernomor W198 , diperkenalkan pada tahun 1954 sebagai mobil sport dua kursi dengan khas pintu sayap camar dan kemudian ditawarkan sebagai roadster terbuka .
Dibangun oleh Daimler -Benz AG , model produksi bahan bakar injeksi didasarkan pada sangat sukses namun agak kurang kuat karburator 1952 mobil balap perusahaan , Mercedes - Benz 300SL ( W194 ) .
Gagasan tentang kencang -down W194 dirancang untuk penggemar kinerja kaya di pasar Amerika pasca-perang booming disarankan oleh Max Hoffman . Dengan demikian , diperkenalkan pada tahun 1954 New York Auto Show daripada Frankfurt atau Geneva menunjukkan di mana model lain Mercedes membuat debut mereka . The " 300 " dalam namanya disebut perpindahan mesin tiga liter , dan " SL " berdiri " Sport Leicht " ( Sport Cahaya ) .
300SL ini terkenal karena pintu khas sayap camar , pertama kalinya konsumen bahan bakar injeksi , dan top speed tercepat di dunia . Versi sayap camar yang tersedia dari Maret 1955-1957 , roadster 1957-1963 . Hal ini diikuti pada baris Mercedes 230SL dengan itu.


5. Ferrari GTO 250
   Ferrari 250 GTO adalah mobil GT yang diproduksi oleh Ferrari 1962-1964 untuk homologasi ke Grup FIA 3 Grand Touring Car kategori . Bagian numerik dari namanya menunjukkan perpindahan dalam sentimeter kubik setiap silinder mesin , sementara GTO singkatan dari " Gran Turismo Omologato " , [ 1 ] Italia untuk " Grand Touring homologated . " Ketika baru , GTO memerintahkan harga pembelian $ 18.000 di Amerika Serikat , dan pembeli harus secara pribadi disetujui oleh Enzo Ferrari dan dealer -nya untuk Amerika Utara , Luigi Chinetti .
36 mobil yang dibuat pada tahun-tahun '62 / '63 . Pada tahun 1964 ' Seri II ' diperkenalkan , yang memiliki tampilan yang sedikit berbeda . Tiga mobil tersebut dibuat , dan empat tua ' Seri I ' diberi tubuh Series II ' . Ini membawa total GTOs diproduksi untuk 39 .
Pada tahun 2004 , Sports Car International menempatkan kedelapan 250 GTO pada daftar Top Sports Cars dari tahun 1960, dan dinominasikan itu mobil sport top sepanjang masa . Demikian pula , Motor Trend Klasik menempatkan 250 GTO pertama pada daftar " Ferrari Terbesar sepanjang masa " . [ 2 ]
    Mobil ini memulai debutnya pada 12 Hours of Sebring pada tahun 1962, didorong oleh Amerika Phil Hill (Formula One World Driving Champion pada saat itu) dan Belgia Olivier Gendebien. Meskipun awalnya kesal bahwa mereka mengendarai mobil GT-kelas bukan salah satu full-lomba Testa Rossas bersaing di kelas prototipe, berpengalaman pasangan terkesan sendiri (dan orang lain) dengan menyelesaikan 2 secara keseluruhan di belakang Testa Rossa dari Bonnier dan Scarfiotti . 
Ferrari akan pergi untuk memenangkan kelas atas 2000cc dari International Championship FIA GT Produsen tahun 1962, 1963 dan 1964, [5] 250 GTO yang berlari di masing-masing tahun. 
250 GTO adalah salah satu mobil bermesin depan terakhir untuk tetap kompetitif di level atas balap mobil sport. Sebelum munculnya balap vintage 250 GTO, seperti mobil balap lainnya dari periode, masuk ke usang. Beberapa digunakan dalam balapan regional, sementara yang lain digunakan sebagai mobil jalan.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar